GBPP Perencanaan Pembelajaran



GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
DAN KONTRAK PERKULIAHAN
PERENCANAAN PEMBELAJAAN
BAHASA ARAB






logo stia
 












Disusun Oleh:

TAUFIKURRAHMAN, M. Pd.I





SEKOLAH TINGGI ISLAM AL-KARIMIYAH
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
BARAJI GAPURA SUMENEP
2011

Garis-garis Besar Program Pengajaran

Mata Kuliah
:
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab
Kode/Bobot SKS
:
3 SKS
Deskripsi Singkat
:
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa memahami, pengertian perencanaan pengajaran, tujuan perencanaan, prinsip-prinsip perencanaan, komponen-komponen pembelajaran, prosedur menyusun rencana pembelajaran dan mampu menyusun rancangan pembelajaran
Tujuan Kompetensi Umum
:
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mempraktekkan cara menyusun perencanaan pembelajaran model KTSP  untuk diaplikasikan dalam prose pembelajaran di sekolah

Minggu Ke
Tujuan Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode
Media
Tugas
Bahan Bacaan
1 – 2
Mahasiswa dapat memahami pengertian dan tujuan perencanaan pembelajaran bahasa arab
Memahami perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Pengertian perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Tujuan perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Fungsi perencanaan pembelajaran bahasa arab
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 1 , 2 , 3 , 4
3
Memahami prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bahasa arab yang mendidik
Prinsip perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Pengertian prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran bahasa arab
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 1 , 2 , 3 , 4
4
Memahami komponen perencanaan pembelajaran bahasa arab
Komponen perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Komponen-komponen perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Hubungan antar komponen pembelajaran bahasa arab
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 1 , 2 , 3
5-6
Memahami prosedur perencanaan pembelajaran bahasa arab
Prosedur perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Berbagai model pengembagan perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Prosedur penyusunan perencanaan pembelajaran bahasa arab
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 5, 6
7
Menyusun rancangan pembelajaran bahasa arab yang lengkap, baik untuk kegiatan dalam kelas, laboratorium maupun lapangan
Merancang perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Mrancang Tujuan perencanaan pembelajaran bahasa arab
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 4, 5, 6, 7
8
Midle Test
Take home test



9-15
Menyusun rancangan pembelajaran bahasa arab yang lengkap, baik untuk kegiatan dalam kelas, laboratorium maupun lapangan
Merancang perencanaan pembelajaran bahasa arab
·      Merancang bahan
·      Merancang media
·      Merancang evaluasi
·      Analisa waktu
·      Program tahunan
·      Program semester
·      Program sylabi
·      RPP
Kuliah Mimbar
·      Papan tulis
·      In focus
Praktek Latihan
Ref. 1, 2, 3
16
UAS
Take home test




Kontrak Perkuliahan

Mata Kuliah
:
Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab
Bobot SKS
:
3 SKS
Semester
:
1 (Ganjil)
Dosen
:
Taufikurrahman, M. Pd.I.
Hari, jam, Ruang
:
Sabtu, 14.15-15.30 WIB, Kelas IV

Deskripsi Mata Kuliah

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa memahami, pengertian perencanaan pengajaran, tujuan perencanaan, prinsip-prinsip perencanaan, komponen-komponen pembelajaran, prosedur menyusun rencana pembelajaran dan mampu menyusun rancangan pembelajaran

Tujuan Kompetensi Umum

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mempraktekkan cara menyusun perencanaan pembelajaran model KTSP  untuk diaplikasikan dalam prose pembelajaran di sekolah

Tujuan Kompetensi Khusus

a.       Mahasiswa dapat merencanakan perencanaan pembelajaran bahasa arab
b.      Mahasiswa dapat merancang perencanaan pembelajaran bahasa arab

Strategi Perkuliahan

Kuliah mimbar dan latihan praktikum

Referensi

1.        Suherman, A. (2010)  Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab Berbasis Nilai Edukatif.  Panduan Lengkap Disertai Contoh RPP dan Silabus. Cetakan ke 1. Bandung: Psiba Press
2.        Degeng, I.N.S. 1997.  Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI
3.        Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (1982/1983).  Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar-V, Buku III C Teknologi Instruksional, Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi. 
4.        Depdiknas, Dikdasmen, Dikmenum (2003) Kurikulum 2004 SMA.  Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Agama Islam.  Jakarta: Depdiknas.
5.        Diamond, Robert M. (1975).  Instructional Development for Individualized Learning in Higher Education. Englewood Cliffs : Education Technology Publication.
6.        Suyono. (2008).  Siasat Perencanaan Pembelajaran.  [online].  Terlihat: http://suyonoum08.wordpress.com/ (diakses 4 Pebruari 2009).
7.        Teknologi Instruksional. (1982/1983). Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar  V. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pengembangan Institusi Pendidikan Tinggi.


Tugas
Praktek, diskusi dan latihan

Penilaian dan Bobot Penilaian

Penilaian yang diberikan meliputi 5 komponen, yaitu :

Komponen

Bobot (%)

Etika

12,5

Nilai UAS

25

Nilai UTS

15

Nilai Presensi

10

Nilai Keaktifan

12,5

Nilai Tugas

25


Kriteria penilaian yang digunakan adalah:

Angka Mutu
Huruf Mutu
Status
91 – 100
A+
LULUS
86 – 90
A
LULUS
81 – 85
A-
LULUS
76 – 80
B+
LULUS
71 – 75
B
LULUS
66 – 70
B-
LULUS
61 – 65
C+
LULUS
56 – 60
C
LULUS
51 – 55
C-
TIDAK LULUS
= 50
D
TIDAK LULUS
< 50
E
TIDAK LULUS

Kehadiran dalam Perkuliahan

Minimal 80% dari jumlah pertemuan

Jadwal Perkuliahan

Pertemuan Ke-1
Membahas silabus perkuliahan termasuk mengemukakan tentang tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber belajar. Selain itu akan diantarkan pula peranan dan fungsi matakuliah  perencaanaan pembelajaran pendidikan bahasa Arab pada jurusan pendidikan bahasa Arab
Pertemuan Ke-2
-          Pengertian Perencanaan Pembelajaran BA
-          Tujuan Perencanaan Pembelajaran BA
-          Fumgsi Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-3
-          Pengertian Prinsip Perencanaan Pembelajaran BA
-          Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-4
-          Komponen-komponen Perencanaan Pembelajaran BA
-          Hubungan antar Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-5
-          Model-model pengembangan Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-6
-          Prosedur penyusunan Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan ke _7
-          Merancang tujuan Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-8
-          Midle Test
Pertemuan Ke-9
-          Merancang bahan ajar dalam Perencanaan Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-10
-          Merancang Media Pembelajaran BA
Pertemuan Ke-11
-          Merancang evaluasi
Pertemuan Ke-12
-          Menganalisa waktu
Pertemuan Ke-13
-          Merancang Program Tahunan
Pertemuan Ke-14
-          Merancang program semester
Pertemuan Ke-15
-          Merancang program sylabi dan RPP
Pertemuan Ke-16
-          UAS


















0 komentar: